Cara Mengobati Kencing Nanah

Obat Tradisional Kencing Nanah
Berikut adalah cara pengobatan penyakit kencing nanah atau disebut juga Gonorrhea!

 Di masa lalu, pengobatan penyakit kencing nanah cukup sederhana. Suntikan tunggal penisilin dapat menyembuhkan hampir semua orang yang terinfeksi gonore. Sayangnya kini ada strain gonore yang telah menjadi resisten terhadap antibiotik seperti penisilin, sehingga gonorrhea menjadi lebih sulit untuk diobati. Untungnya, gonore masih dapat diobati dengan obat suntik atau obat antibiotik oral lainnya.

Hubungi segera dokter penyakit kelamin jika Anda memiliki gejala infeksi gonore atau anda baru saja melakukan aktivitas seksual dengan seseorang yang terinfeksi gonore. Bakteri yang menyebabkan gonore telah menjadi resisten terhadap berbagai antibiotik yang efektif di masa lalu. Saat ini, pengobatan kencing nanah yang efektif membutuhkan dua jenis antibiotik berupa suntikan intramuskular ceftriaxone dan obat minum azitromisin.

CDC mengubah rekomendasi pengobatan gonore pada bulan April 2007, berdasarkan hasil penelitian terhadap N. gonorrheae untuk kerentanan terhadap pengobatan kencing nanah dengan antibiotik yang berbeda. Resistensi antibiotik pada bakteri terus meningkat karena bakteri dapat bermutasi atau berubah menjadi bentuk yang tahan terhadap obat yang digunakan untuk membunuh atau melemahkan mereka. Sebagian besar resistensi antibiotik diyakini terjadi karena penggunaan antibiotik berlebihan dan meningkatnya penggunaan antibiotik pada manusia dan hewan.

Karena peningkatan resistensi terhadap fluoroquinolones, penggunaan sefalosporin dalam pengobatan gonore telah direkomendasikan oleh ahli penyakit menular seksual untuk kelompok individu tertentu seperti pada pria yang berhubungan seks dengan laki-laki (homoseksual).  Sefalosporin (cephalosporins) meliputi cefotaxime, cephalexin, cefaclor, cefoxitin, ceftazidime, cefixime dan banyak antibiotik lainnya.

Infeksi gonore pada leher rahim, uretra, dan rektum biasanya diobati dengan suntikan tunggal seftriakson (ceftriaxone) intramuskuler atau dengan 400mg cefixime. Untuk infeksi gonore pada tenggorokan pengobatan yang dianjurkan adalah dosis tunggal intramuskuler ceftriaxone 125 mg. Pengobatan alternatif kencing nanah pada wanita hamil adalah  2 g spectinomycin dalam dosis tunggal intramuskuler (IM). Obat antibiotik gonore alternatif lainnya yaitu dosis tunggal sefalosporin yang bisa berupa ceftizoxime 500 mg IM, atau cefoxitin 2 g IM, yang disertai dengan 1 g probenesid  secara oral atau sefotaksim 500 mg IM.

Pengobatan kencing nanah biasanya juga bersamaan dengan obat yang mampu mengobati klamidia seperti azitromisin atau doksisiklin karena gonore dan klamidia sering menginfeksi secara bersamaan. Perlu diketahui doksisiklin tidak dianjurkan untuk digunakan pada wanita hamil. Para mitra seksual juga harus menerima pengobatan karena mengobati pasangan juga akan mencegah infeksi ulangan. Wanita yang menderita penyakit radang pinggul memerlukan perawatan yang lebih agresif dan efektif untuk melawan bakteri yang menyebabkan gonore serta terhadap organisme lain. Cara mengobati penyakit radang panggul akibat gonore sering memerlukan rawat inap dan pemberian antibiotik melalui intravena